Galileo Salah Saat Mengamati Planet?

Posted by agitsan2008 | 1/24/2009 03:17:00 PM | 0 comments »

galileo galilei  Salah Saat Mengamati Planet







Ilmuwan dari Italia dan Inggris mau meneliti DNA bapak astronomi modern Galileo Galilei. Dari beberapa riwayat menyatakan ilmuwan besar itu mengalami mata buta saat menjadi tahanan rumah. Wah pas lagi mengamati planet jadi bisa salah dong!!

Dia ditahan pihak gereja lantaran menjadi pihak oposisi dan melakukan penentangan cara pandang astronom yang lagi tenar saat itu.Galileo mendukung Copernicus, orang pertama yang mengatakan bumi berputar mengelilingi matahari dan bukan sebaliknya matahari mengelilingi bumi yang diyakini oleh pihak gereja.

Karena dianggap “kafir” , Galileo dijatuhi hukuman penjara seumur hidupnya yaitu menjadi tahanan rumah sehingga si Galileo menggunakan waktunya mengamati angkasa dan pergerakan planet.

Dengan mengumpulkan data analisa DNA untuk menentukan penyakit yang diderita Galileo. ilmuwan juga mau membuat model komputer untuk memperlihatkan apa yang dilihatnya melalui teleskop lebih dari 400 tahun lalu.

Wah hebat ya ilmuwan jaman sekarang, masa lalu sesorang bisa di simulasikan lewat komputer :)

Galileo dimakamkan di Florence Italia. Para Ilmuwan sich berharap bisa menggali lokasi makam itu, yang kemungkinan tak akan terjadi.
Galluzzi memaparkan berdasarkan tulisan dan catatan yang ditinggalkan Galileo, dia berfikir astronomer itu mengalami kondisi myopia, uveitis, atau glukoma.

"Mungkin ini kombinasi dari beberapa penykit. Dia mungkin berharap menemukan satelit dan matanya mungkin menyebabkan kebingungan. Melalui Tes DNA kita dapat meneliti kembali menemukan penyakit yang diderita Galileo," ungkap Galluzzi

Add to Mixx! Mixx it! submit to reddit Add to Technorati Favorites Stumble Upon Toolbar
Bookmark and Share

0 comments